Friday 15 January 2016

45 years (2015)

Kisah cinta yang melow dan menggalaukan hati itu ternyata tidak hanya untuk pasangan muda saja, bahkan pasangan yang sudah menikah puluhan tahun pun kadang masih harus berjibaku dengan urusan hati, inilah yang digambarkan di film 45 years milik sutradara Andrew Haigh.

45 years menceritakan tentang pasangan Kate Mercer (Charlotte Rampling) dan Geoffrey Mercer (Tom Courtenay) yang tinggal di Inggris dan akan merayakan ulang tahun pernikahan yang ke 45 lalu satu minggu sebelum pesta yang mereka rencanakan ada sepucuk surat dari Swiss untuk Geoff yang isinya pemberitahuan bahwa jasad cinta pertamanya yang bernama Katya ditemukan utuh dipegunungan es. Harusnya ini tidak akan berpengaruh pada pasangan yang sudah saling mengenal lama apalagi sosok cinta pertama itu sudah meninggal tapi wajar juga kalau Geoff merasa shock, Kate awalnya berusaha untuk bersikap biasa saja dan menanggapi sewajarnya tiap cerita Geoff tentang masa lalunya yang sekarang jadi sering menjadi bahan obrolan mereka.

Suatu hari Kate menemukan slide foto-foto lama Katya masih tersimpan dan ini merubah semuanya, rutinitas sehari-hari Kate dan Geoff tidak lagi sama, ada rasa canggung tiap mereka saling bicara, Kate menjadi selalu curiga terhadap semua hal yang dilakukan Geoff, hal-hal sepele berubah menjadi pertanyaan serius dibenak Kate. Hari-hari yang harusnya penuh suka cita mempersiapkan pesta berubah murung dan serba canggung bagi Kate.

Aduuuh nonton film ini berhasil membuat saya depresi dan ikut merasakan sakit hati yang dirasakan Kate sepanjang film, i feel you madam. Ekspresi dan tatapan mata tante Charlotte berhasil menggambarkan sosok Kate yang bingung, canggung dan mulai meragukan orang yang dicintainya, apalagi lirik-lirik ditiap lagu yang ada difilm ini ngena banget.

"...go now before you see me cry..."

No comments:

Post a Comment