Monday, 16 November 2015

Mr Holmes (2015)

Semua hal mengenai Sherlock Holmes selalu membuat saya tertarik, tokoh fiksi karangan Conan Doyle ini seperti nyata pernah hidup dijamannya begitu pula semua kasus yang ditanganinya. Setelah jatuh hati ke Robert Downey Jr waktu berperan sebagai Sherlock Holmes di tahun 2009 dan 2011 terus klepek-klepek sama Benedict Cumberbatch di versi serialnya sekarang ada Ian McKelen yang berperan sebagai Sherlock Holmes.

Mr Holmes tidak mengambil cerita dari novel karangan Conan Doyle melainkan dari novel berjudul A Slight Trick of  The Mind karangan Mitch Cullin. Film ini bercerita tentang masa tua Sherlock tahun 1947 setelah perang dunia, dia sudah pensiun dan ditinggal oleh Dr Watson, dia memilih tinggal di daerah pantai ditemani asisten rumah tangganya Mrs Munro (Laura Linney) dan putra Mrs Munro bernama Roger (Milo Parker) sambil memelihara lebah. Diusianya yang sudah tua Sherlock pun mengalami dimensia, dia tidak bisa lagi mengingat dengan jelas tentang apa yang terjadi di masa lalu, kemampuan motoriknya pun mulai terganggu sementara masih ada satu kasus dari masa lalu tentang Thomas Kelmot (Patrick Kennedy) yang mencurigai istrinya Ann Kelmot (Hattie Morahan) yang mengikuti kelas musik setelah dua kali mengalami keguguran dan mulai menunjukan keanehan. Sherlock ingin tahu penyelesaian terbaik apa yang harusnya dia ambil saat itu tapi daya ingatnya sudah menurun karena itulah sebelumnya dia berangkat ke Jepang bertemu dengan Tuan Umezaki (Hiroyuki Sanada) untuk mencari tanaman Prickly Ash yang di percaya bisa membantu kemampuan daya ingat. Sherlock juga menulis cerita tentang kasus itu dan meminta Roger untuk membacanya serta mencari tahu apa yang dipikirkan Roger tentang kasus Ann Kelmot tersebut.

Film yang disutradarai Bill Condon ini juga bercerita bahwa tulisan Dr. Watson tentang Sherlock Holmes banyak yang sudah ditambah-tambahi dan tidak sesuai kenyataan seperti topi dan jas kotak-kotak yang sebenarnya tidak seperti itu. Film ini berjalan lambat tapi gambar yang ditampilkan indah, walaupun tidak lagi menangani kasus tapi deduksi ala Sherlock masih ditampilkan dengan porsi sedikit.

Menonton film ini membuat imajinasi saya tentang Sherlock yang cerdik,cekatan,tidak takut apapun,selalu berani mengambil risiko langsung buyar begitu dihadapkan dengan akting Ian McKellen yang tidak perlu diragukan lagi, disini penyihir Gandalf itu berubah menjadi Sherlock tua yang mulai pikun,rapuh,sendiri kesepian dan yang juga memukau adalah Milo Parker yang alami banget aktingnya bersanding dengan aktor senior. Film yang menampilkan masa tua Sherlock ini benar-benar bagus buat ditonton dan menurut saya berdiri sendiri lepas dari image Sherlock versi Robert Downey Jr.

No comments:

Post a Comment