Saturday, 9 May 2015

Jiro Dreams of Sushi : a life lessons from the master of sushi

Jiro Dreams of Sushi adalah film dokumenter yang disutradarai David Gelb dan bercerita tentang Jiro Ono,seorang living legend chef sushi yang sudah berusia 85 tahun namun masih aktif di restauran Sukibayashi Jiro miliknya. Film dokumenter ini menyajikan potongan-potongan wawancara dengan Jiro dan orang-orang terdekatnya juga bagaimana mempersiapkan sushi. Pak Jiro ini sangat berdedikasi dan mencintai pekerjaannya sebagai seorang chef,beliau tidak pernah absen untuk hadir ke restaurannya kecuali sekali waktu sakit dan harus masuk rumah sakit,bahkan dalam mimpi beliau bermimpi tentang bagaimana mengkreasikan sushinya,walau saat ini sudah dibantu oleh anak tertuanya tapi Pak Jiro masih selalu ada di restaurannya untuk memantau dan menyajikan sendiri tiap sushi untuk para pelanggan.

Pak Jiro selalu mencoba makanan buatan restaurannya sebelum disajikan kepada pelanggan untuk memastikan makanan tersebut tetap terjaga rasa dan kualitasnya,hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh asisten chef yang bekerja di restaurannya karena Jiro selalu menuntut rasa yang sempurna sampai pernah seorang asistennya harus mengulang membuat tamagoyaki sepuluh kali dalam sehari. Diceritakan juga bagaimana Pak Jiro selalu bisa mendapatkan bahan-bahan terbaik untuk sushinya,hubungan dengan para pedagang dipasar dan sejak awal selalu memakai beras berkualitas dari satu distributor saja.

Pak Jiro terlahir dari keluarga sederhana,untuk meraih kesuksesan beliau bekerja keras dan kuncinya adalah mencintai apa yang dikerjakan,hal itu juga yang diajarkan Pak Jiro kepada kedua anaknya,sampai tak jarang waktu untuk keluarganya sangat sedikit. Kerja keras dan keorisinal restaurannya diganjar dengan menyabet 3 bintang michelin,sudah banyak para tokoh internasional yang menikmati sushi buatannya,salah satunya presiden Amerika Barack Obama.

David Gelb menyajikan film dokumenter ini dengan gambar yang indah dan mudah dipahami,saya yang tidak menyukai jenis film dokumenter dan tidak suka makan sushi pun jatuh cinta dengan film ini,mungkin tidak hanya karena gambar yang indah tapi juga pelajaran hidup yang bisa diambil dari kisah Jiro Ono ini.

"You have to fall in love with your work,never complain about your job. You must dedicate your life to mastering your skill. That's the secret to success,and the key to being regarded honorably"

No comments:

Post a Comment