Friday 26 February 2016

Room (2015)

Sebelum nonton sebuah film memang ada baiknya kita tidak berekspektasi apa-apa karena yang sering saya alami kalau saya berharap lebih pada sebuah film hasilnya malah biasa-biasa saja atau kebalikannya. Seperti waktu memutuskan buat menonton film Room ini saya tidak menaruh ekspektasi apa-apa, apalagi sosok Brie Larson tidak familiar buat saya.

Room mengawali ceritanya dengan menampilkan seorang anak laki-laki bernama Jack (Jacob Tremblay) yang awalnya saya kira anak perempuan karena rambut panjangnya dan seorang ibu yang dipanggil Ma (Brie Larson) melakukan aktifitas seperti umumnya mulai dari berolah raga, mandi, sarapan, menonton tv dan lainnya, bedanya mereka melakukan aktifitasnya di satu ruangan kotak saja dan tidak pernah keluar dari tempat itu, mulai dari kamar mandi, tempat tidur, meja makan semuanya ada diruangan sempit itu. Ma sudah ada disana sejak tujuh tahun yang lalu dan melahirkan Jack dua tahun kemudian, dia adalah korban penculikan yang dilakukan oleh Old Nick (Sean Bridgers).

Setelah ulang tahun Jack yang kelima Ma berpikir bahwa Jack harus memiliki hidup normal yang seharusnya, dia pun menjelaskan pada Jack rencananya untuk kabur walaupun awalnya Jack menentang dan tetap ingin tinggal di tempat itu tapi Ma pun bersikeras untuk kabur. Ma memberi tahu Jack cara mereka untuk kabur dan mengajari Jack bagaimana caranya, dan akhirnya Jack yang pertama bisa keluar dari tempat itu dan bertemu polisi sampai akhirnya Ma juga bisa bebas, merekapun dirawat intensif di rumah sakit terutama untuk mengecek perkembangan Jack yang selama ini tidak pernah menghirup udara segar.

Kebebasan mereka berdua inilah yang sebenarnya menjadi awal perjuangan Ma dan Jack untuk bisa hidup normal seperti yang Ma inginkan. Ma harus menghadapi konflik dengan keluarganya terutama ayah kandungnya, sementara Jack harus berusaha untuk beradaptasi dengan orang-orang baru, kehidupan baru yang lebih besar dari sebelumnya.

Jatuh cinta banget sama film besutan Lenny Abrahamson ini, walaupun ada cerita penculikan dan disekap bukan berarti tampilan film ini tampak sempit, pengambilan gambarnya oke banget dan yang paling bikin deg-degan adalah ketika adegan Ma dan Jack berusaha untuk kabur, saya sampai nutup mata takut kalau Jack disakiti sama si Old Nick. chemistry antara Brie Larson dan Jacob Tremblay kuat banget, akting Brie Larson emang patut diganjar nominasi Oscar untuk pemeran wanita terbaik, Jacob Tremblay juga amat sangat keren memerankan Jack, aktingnya natural banget. Film yang berkisah tentang hubungan ibu dan anak ini memang meninggalkan kesan buat saya, ngebikin saya tersenyum sekaligus haru di akhir film.

No comments:

Post a Comment