Tuesday 24 November 2015

Omelete Kentang

Ditempat kerja saya hampir semua karyawannya sudah berumah tangga dan lebih sering membawa bekal makan siang dari rumah nah sementara saya yang masih lajang ini lebih suka membeli makan siang di luar tapi lama-lama kepingin juga buat bawa bekal dari rumah. Berhubung skill memasak saya pas-pasan saya harus mencari menu sederhana plus praktis buat dipraktekan akhirnya ketemulah menu omelete kentang dan sampai sekarang ini jadi menu favorit buat makan siang padahal menu ini sebenarnya lebih cocok untuk sarapan sambil minum kopi.

Kalau dari negara asalnya Spanyol nama omelete ini Tortilla Espanola dan karena olive oil cukup melimpah disana dan murah jadinya orang Spanyol lebih sering memakai olive oil untuk memasak sementara saya pakai minyak goreng biasa aja atau kalau dari Itali nama omelete ini jadi Frittata dan ada bahan-bahan seperti oregano dan basil yang susah dicari di pasar tradisional jadi resep omelete yang saya pakai adalah omelete kentang bahan seadanya hehehe, berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan :
2 buah kentang ukuran sedang
3 butir telur
2 potong sosis atau bakso
2 siung bawang putih
1 bawang bombay
garam secukupnya
lada bubuk
minyak goreng

Cara membuat :
- Potong kentang kotak-kotak kecil lalu kukus/rebus/goreng kentang (saya lebih suka digoreng karena dari beberapa kali memasak kentang yang digoreng hasilnya lebih menyatu dengan telur dibanding dengan yang direbus) lalu tiriskan
- Chop bawang putih dan iris bawang bombay lalu tumis sampai harum, masukkan sosis atau bakso, tumis sebentar
- Kocok telur,garam,lada bubuk lalu campurkan kentang dan tumisan sosis serta bawang (Bisa juga lho ditambahi sayuran lain seperti kol,pipilan jagung atau wortel parut)
- Masak di teflon anti lengket dan yang selalu bikin deg-degan adalah waktu ngebaliknya karena rada-rada susah buat saya
-Hidangkan dengan saos tomat atau mayonaise


Abaikan penampakan hasil karya saya diatas, dari segi penampilan emang gak artistik tapi dari rasa enak dan mengenyangkan kok :)






No comments:

Post a Comment