Friday 23 October 2015

Before Sunrise (1995)

Before Sunrise bercerita tentang Jesse (Ethan Hawke), seorang turis dari Amerika yang baru saja putus dari kekasihnya di Madrid lalu memutuskan untuk keliling Austria sebelum kembali kenegaranya dan Celine (Julie Delpy) mahasiswi dari Prancis yang baru saja dari Budapest untuk mengunjungi neneknya. Mereka berdua bertemu di kereta,berawal dari pertengkaran pasangan dari Jerman yang duduk disebelah Celine,merasa terganggu Celine pindah tempat duduk bersebelahan dengan Jesse lalu obrolan pun dimulai dari Jesse yang bertanya tentang pertengkaran pasangan tadi dan mereka memutuskan untuk makan bersama direstoran kereta. Merasa cocok mengobrol dengan Celine, Jesse pun mengajak Celine untuk ikut turun distasiun berikutnya dan berjalan-jalan di Wina sebelum jadwal keberangkatannya kembali ke Amerika keesokan harinya dan Celine pun mengiyakan,jadilah mereka jalan-jalan disekitar Wina sambil ngobrol.


Film yang rilis tahun 1995 ini hanya berisi adegan Jesse dan Celine yang jalan-jalan di Wina dari siang sampai malam sampai pagi lagi,dari jembatan,makam umum,toko kaset,restoran sampai taman sambil ngobrol. Tapi dari awal obrolan mereka yang dibahas udah greget banget gitu dari soal cara pandang orang tua soal anaknya,pertumbuhan penduduk dunia,cinta dan banyak lagi dan kayaknya semua ngena banget gitu dan bisa ngebikin saya nganggukin kepala tanda setuju sama apa yang mereka obrolin, saya sampai gak rela waktu meraka pisah diakhir film.

Richar Linklater sebagai sutradara juga penulis naskah dibantu Kim Krizan patut diacungi jempol buat film ini,idenya sederhana tapi keren banget walaupun isinya cuman obrolan dua orang tapi berhasil membuat penonton mengikuti obrolan Jesse dan Celine tanpa bosan. Ethan Hawke dan Julie Delpy juga pas banget meraninnya,chemistry mereka kuat, malah saya sempat mikir jangan-jangan mereka ngobrolnya tanpa skrip ya kok bisa senatural ini, dan saya baru nyadar kalo mudanya Ethan Hawke ini ganteng banget,gak cuman bisa ngelihat gantengnya Ethan Hawke kita juga disuguhi pemandangan Wina yang keren banget. Dari film ini juga saya tahu kalau emang jatuh cinta itu gak perlu harus kenal lama baru jatuh cinta,dari pertama ngelihat dan ngerasa cocok waktu ngobrol walaupun beda cara pandang juga bisa ngebikin orang jatuh cinta. Ini film paling romantis yang pernah saya tonton.

"But loving someone,and being loved means so much to me"

No comments:

Post a Comment